Studi Analisis Rugi-rugi Baterai Tipe Alumunium Udara pada Beban Listrik Statis

  • Hasyir Ahmad Munadi Universitas Siliwangi
  • Aripin Universitas Siliwangi
  • Nurul Hiron Universitas Siliwangi
Abstract views: 77 , PDF downloads: 167
Keywords: baterai Al Udara, discharging, EIS, LED, rugi-rugi baterai

Abstract

Rugi-rugi baterai tipe alumunium udara (Al-udara) pada beban listrik statis telah dianalisis. Sel baterai Al udara berbentuk segi empat dengan panjang 6 cm, lebar 5 cm, dan tebal 1 cm. Baterai menggunakan plat Al, KOH, tissue, dan silika xerogel berturut-turut sebagai anoda, elektrolit, separator dan bahan aktif katoda udara. Karakteristik baterai ditentukan dengan memvariasikan lamanya charging dan pengisian ulang larutan elektrolit ke dalam sel baterai. Sel baterai dikarakterisasi menggunakan metode Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS) dan Battery Testing System (BTS). Modul baterai dikonfigurasi dengan 12 sel baterai yang tersusun secara paralel/seri. Modul baterai diuji ke beban listrik statis menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED) berdaya 75 mW. Rugi-rugi baterai Al-udara (impedansi karakteristik) sebelum dan setelah pengosongan pada lampu LED dibandingkan dan dianalisis. Hasil menunjukkan bahwa arus pengosongan optimum baterai adalah 0.8 mA dan kapasitas maksimum 0,59 mAh. Pada pengujian beban LED, pengulangan charging baterai menurunkan waktu uji dan suplai daya baterai terhadap beban. Waktu uji baterai dan daya suplai baterai terhadap beban LED berturut-turut menurun dari 185 menit menjadi 7 menit dan dari 18,69 mWatt menjadi 3,14 mWatt jika baterai melakukan pengulangan charging dari charging pertama sampai charging keempat, sehingga rugi-rugi daya sekitar 83,19% dari daya originalnya untuk sampai ke pengulangan charging keempat.

References

Rahman,R.A.andLatifah,N.(2019)‘FabricatedofActivatedCarbonfromBiomassWasteforAirCathodeApplication’,03(01),pp.22–26.Takarani,P.etal.(2019)‘Pembuatanbateraisengudaradanujiperformansidenganperangkatarduino’,pp.165–172.Samhan,M.S.(2018)TeknologiBaterai.1stedn.Yogyakarta.Yuan,H.andDung,L.(2015)‘EffectofExternalResistanceonSOHMeasurementofLFPCells’,3.Fu,J.etal.(2018)‘AnIntegratedMetal-AirBatteryandSelectiveElectrolyticLeachingCellforthePreparationofNanoporousMetals’.doi:10.1021/acsanm.8b00919.Liu,Y.etal.(2017)‘Acomprehensivereviewonrecentprogressinaluminumeairbatteries’,GreenEnergyandEnvironment.ElsevierLtd,2(3),pp.246–277.doi:10.1016/j.gee.2017.06.006.Mardwianta,B.etal.(2017)‘Pembangkitanenergilistrikpadabateraiudaradenganbahankarbonaktifdanelektrolitairlaut’,III,pp.0–7.Widjonarko(2012)‘OptimasiKerjaBateraiCharge-DischargePadaSistemPengaturanBebandiBTS(BaseTransceiverStation)RemoteAreaMenggunakanPengaturanBebanDinamis’.Harrington,D.A.(2004)ElectrochemicalImpedanceSpectroscopy.Trendheim:NorwegianUniversityofScienceandTechnology.Ogihara,N.etal.(2015)‘ImpedanceSpectroscopyCharacterizationofPorousElectrodesunderDifferentElectrodeThicknessUsingaSymmetricCellforHigh-PerformanceLithium-IonBatteries’.doi:10.1021/jp512564f.Instrument,G.(2014)‘CommonEquivalentCircuitModels’.

PlumX Metrics

Published
2022-10-04