Studi Eksperimental Pengaruh Variasi CDI Terhadap Performa Kendaraan Empat Langkah

  • Didik Sugiono Universitas Qomaruddin
  • Aini Lostari Universitas Qomaruddin Gresik
  • Novi Indah Riani Universitas Qomaruddin Gresik
  • Aries Kusdyanto Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Abstract views: 173 , PDF downloads: 301
Keywords: ignition system, CDI, performance of a vehicle

Abstract

The ignition system is a system that greatly affects the performance of a vehicle. Capacity Discharge Ignition (CDI) is a component in the ignition system that works to set the right ignition timing, therefore combustion can be maximized. This study aimed to compare the use of a factory CDI with a CDI from another vehicle, namely the 110 cc Shogun, to determine the performance of a 125 cc GL Max motorbike including torque, power, and fuel consumption to efficiency. The data collection was carried out at speeds of 25 km/hour to 65 km/hour for each gear with an increase of 10 km/hour. The results showed that the larger the gear or teeth, the value of torque, power, and efficiency will also increase. The best results were obtained in the 110 cc Shogun CDI variation with respective values of 7.96 Nm, 6.8 pk, and 81.14%. Meanwhile, the value of the most economical fuel consumption is still the standard CDI GL Max 125 cc with a value of 0.12 kg/pk.hour in the highest gear.

References

E. Maulana, T. Zulfadli, and N. Nazaruddin, ‘Kajian Eksperimental Tentang Pengaruh Penggunaan Variasi Dua Jenis Cdi (Standar Dan Brt) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 Cc Tahun 2011’, Jurnal Ilmiah Teknik Unida, vol. 1, no. 2, pp. 61–66, 2020.

B. Nugraha, ‘Perbandingan Unjuk Kerja Dan Komsumsi Bahan Bakar Antar Motor Yang Menggunakan CDI Limiter Dengan Motor Yang Mempergunakan CDI Unlimiter’, FOCUS TEKNIK MESIN UPMI, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2020.

N. Hidayat and R. Ikhsan, ‘Alat peraga sistem pengapian elektronik arus searah/Cdi-Dc pada sepeda motor Shogun 110’, Polhasains: jurnal sains dan terapan Politeknik Hasnur., vol. 6, no. 01, pp. 31–34, 2018.: 10

I. MUNTHE, ‘Pengaruh Sistem Pengapian CDI AC DAN DC Terhadap Kadar Gas Buang CO, HC Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada mesin 110 CC’, JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), vol. 3, no. 2, pp. 69–80, 2019.

I. A. Perdana, ‘Pengaruh penggunaan CDI racing dan jenis bahan bakar terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor honda vario 110 cc tahun 2010’, 2017.

I. Adi, R. Ranto, and H. Bugis, ‘Pengaruh Penggunaan CDI Racing Dan Jenis Bahan Bakar Terhadap Daya, Torsi, Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Vario 110CC TAHUN 2010’, NOZEL Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 2, no. 1, pp. 62–68.

D. PRIANSAH, ‘Pengaruh Penggunaan Cdi Racing Terhadap Karakteristik Percikan Bunga Api Dan Kinerja Motor 4 Langkah 110 Cc Transmisi Automatic Tahun 2009’, 2017.

E. Tarigan, ‘Studi Kasus: Karakteristik Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor 110 CC Matic dengan CDI BRT’, Automotive Experiences, vol. 1, no. 02, pp. 53–57, 2018.

J. Ardiansyah and D. H. Sutjahjo, ‘Modifikasi Sistem Pengapian Honda C70 Standart Menggunakan Pengapian CDI Pada Pengujian Performa’, Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 5, no. 3, 2019.

A. L. Wartawan, ‘Bahan Bakar Bensin Otomotif’, BUKU DOSEN-1997, 2020.

J. B. Heywood, Internal combustion engine fundamentals. McGraw-Hill Education, 2018.

H. Haryoko, ‘Metode Demonstrasi Menggunakan Model Motor Bakar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Proses Mesin Konversi Energi bagi Siswa Kelas X TKR 2 SMK Negeri 2 Kebumen’, Jurnal Profesi Keguruan, vol. 2, no. 2, pp. 70–77, 2016.o

A. Saputra, ‘Studi Relevansi Standar Kompetensi KTSP SMK terhadap Kebutuhan Tenaga Mekanik Bengkel Sepeda Motor di Kodya Surakarta’, 2010. l

T. GINTING, ‘Pengaruh Jenis Busi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Motor Bakar 4 TaK’, DAFTAR ISI, 2021

R. C. Hartantrie, I. G. E. Lesmana, A. R. TK, R. A. Rahman, and A. Nugroho, ‘Motor Bakar Pada Mesin Konversi Energi’, 2022.

J. Park, The wind power book, vol. 21, no. 495. Cheshire books, 1981.

PlumX Metrics

Published
2023-01-29